Minggu, 06 Januari 2013

BUMI DAN AWAL MULA KEBERADAANNYA

Proses pembentukan bumi dapat kita pahami melalui beberapa theory, akan tetapi sebelum kita beranjak untuk membahas proses pembentukkan nya, alangkah lebih berguna nya jika kita mengetahui apa itu bumi . Tentu saja ini pertanyaan yang sangat mudah dijawab , karena bumi adalah tempat seluruh makhluk hidup tinggal . Ya makhluk hidup! Karena didalamnya terkandung zat kimiawi bernama oksigen dan hanya bumi saja yang memiliki oksigen.
Theory-theory yang mengemukakan bagaimana bumi ini terbentuk.
1.      Teori  Big Bang
Theory ini sudah tentu tidak asing lagi di telinga kita , teori ledakan yang sangat besar puluhan milyar tahun yang lalu . Tentunya kita ingin tahu lebih dalam , apa sih yang meledak itu dan apa hubungan nya dengan proses terbentuknya bumi ?
Ya, puluhan milyar tahun yang lalu ada segumpalan zat raksasa atau sering disebut gumpalan kabut raksasa yang didalamnya tekandung gas-gas kimia yang sangat panas. Lalu suatu saat gumpalan tersebut meledak dengan begitu dahsyatnya dan serpihan dari ledakan tersebut membentuk galaxi dan nebula . Dan seiring waktu berlalu galaxi tersebut membeku dan membentuk sistem tata surya yang salah satu nya ada planet bernama bumi.
2.      Teori Planetsimal

Dikemukakan oleh Chamberlin dan Moulton , bahwa sebelumnya ada sebuah matahari inti, kemudian matahari inti tersebut didekati oleh sebuah bintang besar yang menyebabkan suatu penarikan pada bagian matahari inti tersebut.  Dan karena adanya penarikan dari matahari inti tersebut maka menyebabkan terjadinya ledakan besar. Dan gas yang keluar dari matahari inti tersebut membeku dan membentuk planetsimal . Palnetsimal tersebut adalah bagian dari sistem tata surya dan salah satunya adalah bumi.

3.      Teori  Bintang Kembar
Dikemukakan oleh R.A Lyttleton , dalam teori nya bahwa terdapat dua buah bintang kembar  bisa diibarat kan sebagai bintang A dan bintang B . Bintang B meledak dan material-materialnya keluar dan terpecah , namun karena gravitasi yang masih kuat dari bintang A , maka serpihan material yang terlempar tadi ditarik oleh bintang A dan materialnya mengelilingi bintang A . Dapat disimpulkan bahwa bintang A adalah Matahari dan bintang B yang meledak tadi material yang terlemparnya membeku dan mengitari matahari dan disebut sebagai planet dan salah satunya adalah bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar